5 Tanda Sakit Batu Ginjal yang Tak Boleh Diabaikan

 
Batu ginjal


5 Tanda Sakit Batu Ginjal yang Tak Boleh Diabaikan, Demam Salah Satunya!


BATU ginjal sebagai endapan mineral keras yang terbentuk di ginjal ketika urin mengandung zat tertentu dalam jumlah tinggi ini, bisa bertambah besar seiring berjalannya waktu.


Semakin membesar, maka batu ginjal yang bisa berukuran sekecil butiran pasir hingga sebesar bola golf ini bisa menyebabkan nyeri hebat saat bergerak melalui saluran kemih, sehingga menimbulkan gejala seperti nyeri pinggang, hematuria (darah dalam urin), urgensi buang air kecil, dan mual.


Maka dari itu, sebelum terlambat sangat penting untuk bisa mengidentifikasi tanda-tanda peringatan ketika penyakit ini terbentuk di dalam tubuh. Berikut lima tanda yang bisa jadi tanda peringatan.


1. Nyeri yang tak tertahankan: Salah satu gejala khas batu ginjal adalah nyeri hebat, umumnya muncul di area punggung, samping, perut, atau selangkangan. Rasa sakitnya bisa datang secara bergelombang dan sangat menyiksa, sering kali digambarkan sebagai salah satu rasa sakit paling parah yang dialami seseorang. Intensitas nyeri ini dapat berfluktuasi dan bisa menjalar ke area lainnya.


2. Nyeri di satu sisi tubuh: Batu ginjal yang tersangkut di ureter, saluran yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih, bisa bikin nyeri panggul. Nyeri panggul ini mengacu pada rasa tak nyaman atau nyeri tajam yang dirasakan pada satu sisi tubuh, biasanya di area antara tulang rusuk dan pinggul. Rasa sakit ini bisa saja terus-terusan atau konstan atau bahkan hilang timbul.


3. Susah buang air kecil: Batu ginjal berukuran besar atau batu yang tersangkut di saluran kemih bisa menghambat aliran urin. Maka dari itu, bisa memicu orang yang mengalaminya jadi susah buang air kecil atau nama medisnya yakni retensi urin.


4. Ada darah di urin: Alias Hematuria, ini jadi sinyal warning lainnya dari batu ginjal. Urinnya sendiri bisa berwarna merah muda, merah, atau kecoklatan, yang menunjukkan adanya darah. Hematuria ini bisa terjadi akibat adanya iritasi atau kerusakan saluran kemih akibat keluarnya batu ginjal.


5. Demam dan menggigil: Dalam beberapa kasus, batu ginjal dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi ginjal (pielonefritis). Infeksi ini bisa jadi faktor penyebab pasien mengalami demam, menggigil, dan gejala sistemik lainnya, yang mana ini menunjukkan adanya infeksi.



Jika Anda ingin bertanya lebih jauh tentang  program terapi di klinik hati atau membutuhkan saran layanan terapi lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi dengan kami secara online. Penyakit yang tidak kunjung sembuh atau ada saudara teman anda yang sedang sakit. Bisa datang kepada kami, dengan perantara Kami Insya Allah sembuh atas ijin Allah SWT.




Info Lebih Lanjut Hub : 0821 1541 1233



Kesembuhan Datang dari Allah Keselamatan dan Kepuasan Pasien Tanggung Jawab Kami.



Semoga Allah memberkahi hari ini dan Allah mudahkan setiap urusan, memberikan rezeki yang halal dan baik, melapangkan hati, dan meringankan langkah kita dalam kebaikan. 

0 Komentar